Perbedaan Filter Udara Vixion Old Dan New

Perbedaan Filter Udara Vixion Old Dan New – Apakah teman-teman disini ada yang punya Yamaha Vixion atau R15 lawas dan adakah penggemar speed yang suka memompa adrenalin di lintasan balap? Kali ini saya punya beberapa tips untuk memodifikasi performa motor vixion jadul agar lebih bertenaga saat berkendara di trek khusus. Tips ini akan mengubah box filter udara Vixion atau R15 standar sehingga dapat menyedot udara lebih cepat dan lebih banyak.

Seperti yang kita ketahui, sepeda motor dengan performa mesin yang meningkat terkadang secara alami membutuhkan lebih banyak asupan udara daripada kondisi mesin normal. Banyak orang menggunakan filter balap atau filter terbuka untuk menambah aliran udara ke mesin. Namun kali ini ada cara hemat untuk menambah aliran udara pada motor Vixion atau R15 anda tanpa menggunakan filter racing.

Perbedaan Filter Udara Vixion Old Dan New

Caranya Caranya potong bagian atas kotak penutup filter, lihat foto berikut untuk detailnya:

Filter Udara/saringan Udara Vixion New/nvl/1pa/saringan Filter Udara All Vixion New

Sebenarnya ada cara yang menurut NP lebih mudah daripada bersusah payah memotong kotak filter. Caranya adalah dengan menopang filter dengan kawat berbentuk X. Berikut modifikasi unit filter Vixion lama versi NP :

Jadi bisa jadi asupan udara yang masuk ke mesin lebih cepat dan lebih banyak dari kotak filter standar tanpa modifikasi.

Perlu diingat bahwa cara ini untuk sepeda Vixion lama yang hanya digunakan untuk balapan di trek khusus. Cara ini tidak disarankan untuk pemakaian harian Vixion. Karena debu, kotoran atau bahkan air dapat dengan mudah masuk ke filter udara dan menyebabkan mesin bermasalah.

#Mungkin Anda punya berita/berita mobil atau ingin mempromosikan produk di blog ini, hubungi saya di:

Untung Rugi Melepas Filter Udara

Tentang Nofg Menerima pesanan untuk proyek elektronik dan robotika. WA/SMS : 088217082017 Youtube : Nofgi Piston IG : nofgi_piston

This entry was posted in Motor Motor atau Modifikasi Mesin Motor, Modifikasi Motor, Yamaha and tagged Motor Motor atau Modifikasi Mesin Motor, Modifikasi Motor, Motorsports, Vixion, Yamaha. Tandai permalink. Kondisi komponen filter udara mesin harus diperhatikan. Dalam kondisi normal, maksimal 16 ribu kilometer harus diganti. Pada kisaran jarak tempuh ini, komponen filter udara umumnya kotor dan harus diganti, bukan dicuci!

Namun, jarak tempuh referensi tidak wajib. Jika area yang Anda lalui setiap hari penuh dengan debu atau banyak partikel kotoran yang beterbangan, periode penggantian filter udara mesin harus lebih sering. Karena itu, Anda harus memeriksa statusnya secara berkala.

Selain itu, pengecekannya cukup mudah. Cukup buka tutup kotak filter udara dan periksa tingkat kotorannya. Misalnya, sebelum bersih dan sekarang berubah menjadi hitam karena kotoran yang menempel, sebaiknya jangan tunda dan ganti filter dengan yang baru.

Tampil Beda Dan Ngejreng, Modif Vixion Dari Anak Jvj

Kenapa begitu? Menggunakan filter udara baru akan mengembalikan mesin ke pengoperasian normal, karena kondisi filter tidak terkontaminasi kotoran. Udara yang masuk ke ruang bakar juga bersih, sehingga traksi mesin lebih mudah, akselerasi pun mudah dicapai.

Pabrikan menyarankan pengguna mesin untuk segera mengganti filter udara daripada mencucinya. Terutama, jenis filter kertas basah yang banyak digunakan pada sepeda motor baru akan rusak jika dicuci terkena air. Fungsinya untuk menyaring kotoran, bila dipakai kembali akan hilang.

“Paper air filter itu ada cairan seperti oli yang menyaring debu. Kotoran yang bersentuhan dengan air malah menggumpal,” jelas Endro Sutarno, Technical Service Analyst PT Astra Honda Motor (AHM).

Kemudian jangan menyikat dan menyemprot dengan udara terkompresi. Karena bukannya kotoran berjatuhan, ada kemungkinan malah menempel di lapisan kertas, sehingga asupan udara yang masuk ke ruang mesin bisa berkurang. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak tenaga untuk mengakselerasi mesin, karena suplai udara terganggu.

Pahami Fungsi Filter Oli Dan Cara Mengganti Filter Oli Yamaha Vixion

Jika Anda tidak memiliki bengkel atau pekerjaan penggantian, Anda dapat membersihkan komponen lebih awal dengan menggoyangkan filter udara ke lingkungan yang keras untuk menghilangkan kotoran.

Kemudian filter udara jenis kertas kering yang biasa terdapat pada motor berkabut karburator dapat dibersihkan dengan alat penyemprot udara. Karena elemen kertas benar-benar kering dan memiliki ketebalan tertentu.

Pantas saja di bengkel banyak mekanik yang menyemprotnya dengan air gun, lalu semua debu yang terperangkap keluar. Hanya saja Endro menambahkan, misalnya keadaan kertas berubah bentuk, ganti dengan yang baru. “Kalau banyak kotoran dan kertasnya bengkok, harus diganti dengan yang baru,” ujarnya.

Jadi bisa dibilang pertama-tama Anda perlu mengetahui jenis filter udara mesin yang Anda miliki. Jenis basah dan kering dapat dibedakan berdasarkan penyimpanannya. Basah, karena mengandung sedikit minyak, secara alami tetap berminyak. Berbeda dengan tipe kering yang konturnya lebih rapat Saringan udara atau filter udara berfungsi untuk membersihkan atau menyaring udara yang bercampur debu sebelum masuk ke karburator atau throttle body. Filter udara adalah komponen yang memiliki masa pakai atau diganti secara berkala, jadi filter udara ada masa pakainya gan…selamanya tidak terpakai.

Cara Mengganti Filter Udara Motor Yamaha New Vixion Terbaru

Namun sebagian pengendara tidak mempedulikannya, sehingga berpengaruh pada performa sepeda motor. Sepeda motor injeksi menggunakan filter udara jenis kental atau kertas berlapis minyak, filter udara jenis ini memiliki penyaringan debu yang maksimal. Dibandingkan dengan filter udara jenis busa dan kertas, filter udara jenis kental lebih mahal dibandingkan dengan dua jenis di atas.

Padahal, waktu pergantian filter udara dapat dilihat secara visual dengan melihat filter udara secara fisik, indikator utamanya adalah debu yang menumpuk di bagian depan filter udara.

Filter udara jenis Viscos pasti tertutup oli pada sisi kertasnya, namun seringkali lapisan oli ini hilang karena kecerobohan pengendara motor itu sendiri. Kelalaian tersebut termasuk mencuci dengan air sabun dan penyemprotan dengan udara bertekanan tinggi.

Ini adalah yang terburuk dari gejala di atas, robekan kertas filter udara biasanya terjadi ketika filter telah digunakan dalam waktu yang sangat lama. Alasan lain bisa sengaja dipatahkan atau dibenturkan, namun hal ini tidak membuat mesin semakin kencang atau boros bahan bakar.

Lain Di Dyno Lain Di Jalan, Ya Wajar Musuhnya Beda

Filter udara harus diganti setiap 1,5 tahun atau jika melihat jarak tempuh saat sepeda motor telah dikendarai sejauh 16.000 km, maka perubahan selanjutnya adalah saat jarak tempuh mencapai 32.000 km.

Untuk membersihkan filter udara jenis viscose, jangan pernah mencuci atau menyemprot dengan angin bertekanan tinggi, karena dapat merusak partikel filter udara dan menyebabkan oli di sekitar filter udara hilang.

Akibat dari filter udara yang rusak dan kotor sangat mempengaruhi performa sepeda motor, namun dalam jangka panjang atau bertahap. Berikut adalah beberapa filter udara mesin yang kotor karena penggunaan jangka panjang.

Kerusakan komponen mesin, debu yang tidak dapat disaring oleh filter udara masuk ke throttle body dan langsung masuk ke ruang bakar.

Filter Udara Vario 150 Esp New Led / Filter Saringan Udara Honda Vario 150 Led New Keyless (k59) / Filter Udara Honda Vario 150 K59

Terakhir stop arogan nyetir, hormati pejalan kaki dan sapa aspal, oprek, hobi. Filter oli asli Yamaha adalah filter oli optimal untuk mesin Yamaha karena daya tahan dan filtrasi kinerjanya yang tinggi.

Saat mengembangkan filter oli, Yamaha melakukan pengujian untuk memeriksa seberapa cocok filter tersebut dengan mesin. Filter oli asli Yamaha adalah satu-satunya filter oli yang dapat digunakan dengan mesin Yamaha.

Pompa oli mengatur sirkulasi oli di mesin. Oli menjadi kotor selama pengoperasian normal saat bersirkulasi melalui kotak roda gigi, piston dan silinder, kepala silinder, kopling, pendingin oli, dll. dan filter oli menyaring benda asing dari oli mesin.

Filter oli menyaring benda asing dari oli mesin dan menjadi kotor. filter tidak dapat memperbaiki kerusakan oli mesin dengan sendirinya.

Catat, Ini 6 Efek Buruk Copot Saringan Udara Pada Motor Halaman All

Oli mesin menjaga bagian dalam mesin tetap bersih dengan mengumpulkan partikel jelaga dan partikel logam bekas yang terbentuk di dalam mesin.

Oli mesin melekat pada permukaan logam di dalam mesin dan melindungi permukaan logam dari karat dan korosi. melindungi interior mesin dari kelembapan, udara, dan asam dalam campuran udara-bahan bakar.

Oli mesin memberikan pelumasan dengan masuk di antara piston dan silinder pada suhu tinggi. karena alasan ini, oli terkadang terbakar dan berangsur-angsur menjadi gelap.

Saat oli mesin bersirkulasi dalam waktu lama, oli menjadi kotor karena partikel logam dan karbon terbakar di dalam mesin. Jika partikel-partikel ini masuk ke mesin dengan oli mesin, mereka dapat menyebabkan kerusakan mesin. Filter oli yang menyaring partikel tersebut dari oli mesin., Jakarta – Sebagai komponen penting penunjang performa mesin, terdapat beberapa jenis filter udara. Setidaknya ada tiga jenis filter udara yang beredar di pasaran, yakni urethane foam (bahan seperti kertas busa), dry paper (bahan mirip kertas), dan viscose paper (bahan mirip kertas berlapis minyak).

Mengenal Jenis Filter Udara Dan Cara Merawatnya

Busa uretana dan filter udara kertas kering dapat digunakan kembali setelah dibersihkan, dan jadwal perawatan berkala mengikuti jadwal perawatan rutin.

Sementara itu, untuk kertas viscose, jenis ini memiliki kemampuan penyaringan terbaik, tetapi tidak dapat dibersihkan dan digunakan kembali, sehingga perlu penggantian secara berkala yaitu setiap 16.000 km pemakaian dilakukan pengulangan.

Penting untuk diketahui bahwa filter udara memiliki sifat yang berbeda tergantung pada bahan dasarnya. Oleh karena itu, perawatannya juga berbeda-beda sesuai jenisnya masing-masing.

Berikut beberapa tips atau cara melakukan perawatan dan pembersihan dengan membedakan komponen utama agar tidak mempengaruhi performa sepeda motor nantinya.

Ketahui Penyakit Yamaha Vixion, Sosok Motor Laki Idaman

Anda bisa merawat filter udara sendiri atau mendatangi bengkel resmi Honda (AHASS) dengan beberapa cara, antara lain:

1. Air cleaner dengan urethane foam, tipe ini perlu perawatan berkala setiap ± 4000 km beberapa kali, caranya adalah sebagai berikut:

Filter udara dicuci dengan air deterjen (tidak boleh ada cairan yang mudah terbakar) atau cairan pembersih lalu diperas.

2. Kertas kering Air Cleaner, jenis kertas ini membutuhkan perawatan berkala setiap ± 4000 km dengan menggunakan pengali yang sama dengan busa Uritan tetapi caranya berbeda yaitu:

Filter Saringan Udara Vixion Old Lama Kc Premium

Semprot tudung di belakang tudung dengan perangkap api. Ada dua cara untuk menyemprot, yaitu menyemprotkan saringan udara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *